Aurorastevani’s Blog

Essay Benua Eropa

Posted on: March 19, 2011

Eropa adalah sebuah benua yang terkenal dengan beragam budaya dan tempat-tempat eksotisnya. Begitu banyak yang bisa kita kunjungi disana, dari mulai tempat wisata sampai keindahan fenomena alam yang menakjubkan. Menurut saya, Eropa itu tak hanya tempat indah yang menyimpan banyak cerita dan juga kenangan, tapi juga sejarah yang sangat menarik untuk ditelusuri dan dipelajari. Sejarah yang begitu besar ini juga menarik para pelajar maupun penstudi tertarik untuk mempelajarinya. Dimulai dari sejarah kerajaan-kerajaan di Eropa, dimana peradaban Romawi yang terkenal itu berawal dari benua ini, lalu bagaimana sejarah kolonialisasi juga sangat identik dengan Eropa. Eropa bagi saya adalah benua yang berisi Negara-negara ambisius dengan semangat dan nasionalisme yang tinggi, disana banyak bangsa di suatu Negara di Eropa yang mengagungkan bangsanya sendiri seperti Jerman dan Negara yang sangat memelihara bahasanya sendiri seperti Perancis atau bangsa yang punya keunikan budaya dan seni seperti Italia. Bangsa Eropa memang terkenal dengan pandangan yang yang cenderung dinamis dan sangat memelihara warisan nenek moyang atau peninggalan budaya maupun seni di jaman-jaman kuno.

Dan ngomong-ngomong soal sejarah, banyak penstudi filsafat dan pemikir-pemikir kritis dari Eropa khususnya Yunani, tempat dimana peradaban yang melahirkan demokrasi dan budaya forum. Bahkan pemikir-pemikir ilmu alam dan peneliti juga banyak yang berasal dari tempat yang banyak menjadi sorotan dunia. Apalagi pemikiran-pemikiran pada abad pertengahan juga sangat mendominasi kehidupan masyarakat dunia.. Begitu banyak orang-orang jenius yang lahir dari tanah Eropa ini rupanya. Bisa saja pandangan saya ini berbeda dengan Eropa bagi masyarakat dunia, seperti beberapa pandangan masyarakat Asia misalnya yang menganggap bahwa wajah orang Eksotis dan warna kulit coklat yang begitu memukau dibeberapa daerah walaupun orang Eropa memang identik dengan masyarakat kulit putih. Biasanya bagi beberapa beberapa di Asia Pasifik, Orang Eropa atau bisa dibilang ras Kaukasia ini begitu dinilai seolah-olah lebih tinggi derajatnya dari pada orang Asia kebanyakan. Padahal sebenarnya kelebihan mereka cuma soal tinggi badan saja, kalau soal warna kulit itu relative. Lalu banyak juga yang berpendapat juga bahwa Eropa adalah surga dunia, bagi msyarakat luas, hal itu ada benarnya juga karena hampir dari semua keindahal fenomena dan panorama alam yang bisa kita sebutkan di Eropa. Lalu dunia juga melihat Eropa sebagai pusat sejarah yang mengaitkan setiap Negara dibelahan dunia, mulai dari kekaisaran Romawi, Yunani sampai pada jaman kolonialisme yang membuat bangsa Eropa merajai hampir seluruh belahan dunia. Bangsa Eropa yang dikenal ambisius oleh masyarakat dunia membuat mindset tersendiri bahwa bangsa Eropa adlah bangsa yang kuat, besar dan punya obsesi besar pula. Dari dulu mereka selalu suka berpetualang dengan menjelajahi samudra dan menemukan tempat baru, itu cirri khas bangsa Eropa yang gigih dan penakluk. Sampai akhirnya munculah ambisi bagaimana dapat menaklukan setiap tempat baru yang mereka datangi.

Tak hanya soal penampilan orang Eropa yang menjadi perhatian dunia tapi juga dunia fashion yang seolah-olah menjadi daya tarik benua Eropa bagi masyarakat dunia. Dan Negara yang bisa dibilang menjadi pusat dunia fashion sendiri di Eropa seperti Prancis dan Italia, dimana ditempat itulah merek-merek dagang fashion paling terkenal di dunia. Bahkan tak hanya Fashion, banyak juga orang-orang yang memuja seni dari beberapa Negara di Eropa seperti jenis musik di Inggris tepatna Irlandia yang khas dan juga beberapa tarian yang khas seperti dari Inggris, yaitu balet klasik. Dan seni opera yang sangat terkenal di level dunia juga berasal dari Eropa. Ditambahbanyak yang mengagumi karya-karya sastra dari Eropa yang sangat indah dan enak untuk dinikmati. Berbagai puisi sampai struktur bahasanya sendiri yang sangat dinikmati oleh masyarakat dunia. Maka tak heran, mata kuliah bahsa-bahasa yang berasal dari Eropa cukup banyak dinikmati dinegara kita contohnya. Sungguh beragam hal-hal yang dapat kita temukan di Eropa bukan? Tadi kita sudah coba bersama-sama menelaah apa yang saya dan masyarakat dunia pikirkan tentang Eropa, dan tentunya pasti kita juga ingin mengetahui apa yang pikirkan oleh masyarakat lokalnya sendiri dalam menilai Eropa. Seperti yang sudah banyak kita pelajari soal Negara-negara Eropa dari berbagai sumber maupun media, bahwa nasionalisme tinggi yang diakibatkan sejarah kolonialisme dan beberapa Negara yang kalah perang membuat bangsa ini menjadi bangsa yang kuat. Bahkan seperti yang sudah saya kemukakan diatas bahwa sejatinya bangsa Eropa adalah bangsa yang bangga atau bisa dibilang terlalu mengagung-agungkan akan negaranya sendiri. Sehingga ini membuat warna tersendiri saat kita berkunjung ke Eropa. Tentu saja kecintaan akan bangsa sendiri memang harus ditanam sejak kita kecil. Seperti contoh bangsa Perancis yang sangat memelihara bahasanya sendiri bahkan saat berkunjung dinegara lain. Lalu bagaimana Jerman menganggap tinggi derajat bangsanya diantara bangsa lain. Walaupun ada sisi negatif dan positif soal nasionalisme yang kebanyakan ditunjukkan warga Eropa, namun yang dapat kita pelajari adalah bagaimana kita juga dapat memelihara dan punya rasa bangga dan cinta terhadap tanah air tercinta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


  • Raymond K: In today life every one want to look stylish. and hair play a important roll for looking stylish and dashing .... and information of growing hair is n
  • aurorastevani: Sorry I don't have one...
  • what does my name mean: hi wats your myspace page
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: