Aurorastevani’s Blog

Liberalisme di Amerika Serikat

Posted on: April 20, 2010

Kita tahu bahwa paham liberalisme semakin merajalela di berbagai Negara dibelahan dunia. Dan tampaknya keberhasilan sistem liberal di Amerika Serikat yang notabene Negara maju mampu menyedot perhatian khalayak dunia akan pentingnya menengok suatu ideologi yang mendasari sebuah kebebasan sebagai nilai luhur politik yang utama. Yang perlu kita kaji pertama kali adalah bagaimana sebenarnya teori dari ideologi ini, dimana ideologi ini mencita-citakan sebuah masyarakat yang bebas dalam artian sistem pemerintahan bisa dikatakan transparan dan mendukung serta menolak adanya pembatasan hak indiviu. Dan fenomena yang sekarang terjadi di masyarakat modern, liberalisme sangat mudah tumbuh dinegara yang menganut sistem demokrasi. Sesuatu yang lazim kita temukan di Negara demokrasi besar seperti Amerika Serikat, kebebasan dijunjung tinggi disana, karena pada dasarnya, latar belakang Amerika merdeka adalah menuntut kebebasan yang sebenarnya tidak mutlak, karena dalam ideologi ini, kebebasan harus bisa dipertanggungjawabkan. Maka dari itu sampai sekarang, kebebasan hak individu, kebebasan pasar dan juga pengembangan kemampuan individu secraa bebas dan maksimal. Tentu saja Negara yang memegang ideologi liberalisme yang cukup sukses adalah Amerika Serikat, dimana penggunaan sistem demokrasi yang memang sangat mendasari aktifitas perpolitikannya. Apakah Demokrasi berarti identik dengan kebebasan?

Faktanya bahwa Negara maju seperti Amerika Serikat tak dipungkiri menjadi poros dan figure Negara demokrasi yang besar dan mendulang kesuksesan dalam penerapan demokrasi diengaranya. Dimana unsur-unsur Liberalisme sangat lekat dan bisa jelas dirasakan, karena berbeda dengan Negara otoriter yang mana kepentingan masyarakat luas adlah yang terpenting, sedangkan bagi Liberalis, kepentingan individu lah yang harus didahulukan, Itulah kenapa kita sering dengar istilah ‘apapun bisa kamu lakukan di Negara Amerika sana…’, itu merupakan pernyataan yang sebenarnya menggambarkan kebebasan individu yang dijunjung tinggi di negara demokrasi sebesar Amrika Serikat. Paham liberal di Amerika Serikat disebut liberalisme modern. Dewasa ini, para politis di AS mengakui, bahwa paham liberalisme klasik sebenarnya terdapat kaitan yang cukup erat dengan kebebasan individu yang notabene bersifat luas. Dan sebenarnya sistem ekonomi liberal klasik merupakan suatu filosofi ekonomi dan juga politis. Namun mereka karena ada kasus saat kegagalan pasar yang membuat Amerika sempat goyah karena krisis maka mereka menolak ekonomi yang bersifat laissez faire atau liberalisme klasik yang kemudian mendekati pada pemerintahan interventionism yang merupakan penyatuan persamaan sosial dan ekonomi. Dan pada umumnya, hal itu disepakati pada dekade pertama abad ke-20 yang bertujuan adanya pencapaian menuju keberhasilan suatu hegemoni para politisi dalam negeri. Tapi, kesuksesan tersebut mulai menurun dan menghilang pada sekitar tahun 1970-an. Dan pada saat itu, konsensus liberal sudah harus dihadapkan pada suatu death-blow atau bisa dikatakan berupa fenomena robohnya pemerintahan Bretton Woods, yaitu sampai pada sistem yang dikarenakan kemenangan Ronald Reagan dalam pemilihan presiden tahun 1980, yang menjadikan liberalisme meruapakan suatu arus kuat dalam politik AS pada tahun tersebut.

Unsur negara demokrasi adalah salah satu paham yang berasal dari ideologi liberalisme, dimana kebebasan pers di Amerika bisa kita lihat sendiri yang sangat signifikan dalam kegiatan perpolitikan, begitu juga dengan keterlibatan rakyat dalam menyuarakan pendapat. Karena pada dasarnya kemerdekaan pers merupakan salah satu wujud dari kedaulatan rakyat dan menjadi unsur yang begitu vital dalam menciptakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang diaplikasikan secara demokratis. Dan sejatinya pers juga dipercaya sebagai suatu wadah yang mempunyai peran untuk senantiasa menjaga ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan. Namun jangan salah, justru dengan kebebasan pers yang terlalu kuat pengaruhnya terhadap suatu rezim, akan sangat berbahaya untuk sistem pemerintahan. Walaupun tak dipungkiri pers dapat mengontrol jalannya pemerintah sebagai watchdog, dan kasus yang terjadi di Amerika Serikat sendiri adalah bahwa . Dan tentunya sebagai media, pers juga sangat berbahaya dan juga berpotensi mengancam ketentraman masyarakat, jika tidak dibatasi dengan hukum dan prinsip-prinsip agama dan moral. Oleh karena itu, sangat perlu ada usaha yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan supremasi hukum terhadap kejahatan pers, terlebih jika memang bertentangan dengan norma kesusilaan, baik yang secara kultur maupun yang berlaku dalam kehidupan beragama.

Dan lebih jelasnya, liberalisme yang dianut Amerika Serikat seperti yang dikatakan oleh Wilson dan Roosevelt, adalah suatu penekanan terhadap kerja sama serta kolaborasi timbal balik dan usaha individu, justru bukan dengan membuat ancaman dan pemaksaan yang ditujukan pada pemecahan permasalahan politis baik didalam maupun luar, sepertinya dianut oleh Presiden AS saat itu, George W Bush. Suatu paham liberal di AS bisa dikatakan seperti institusi dan prosedur politis yang mendorong kebebasan ekonomi, perlindungan yang lemah dari agresi oleh yang kuat, dan kebebasan dari norma-norma sosial bersifat membatasi. Karena sejak Perang Dunia II, liberalisme di AS telah dihubungkan dengan liberalisme modern, pengganti paham ideologi liberalisme klasik dimana kepemilikan individu sangat bebas. Sehingga pada saat itu banyak berdiri perusahaan-perusahaan swasta akibat dari sistem ekonomi liberalisme ini. Sebenarnya saat ini Amerika Serikat tidak semata-mata hanya menganut sistem ekonomi liberalisme atau kapitalisme. Pemerintah Amerika Serikat dewasa ini juga sudah mulai ikut mengatur perekonomian di negaranya karena bagaimanapun peran pemerintah dalam kegiatan perekonomian sangatlah signifikan. Maka dari itu, sekarang sudah terhitung banyak perusahaan-perusahaan yang tadinya milik individu kemudian mulai diambil alih oleh negaranya contohnya Pemerintah Amerika Serikat yang akhirnya mengambil alih dua perusahaan dalam bidang pembiayaan perumahan Fannie Mae dan Freddie Mac guna mencegah adanya krisis finansial yang mungkin dapat berlanjut. Dan juga beberapa sumber-sumber produksi yang notabene berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat luas juga sudah mulai di ambil haknya oleh Negara. Ini membuktikan bahwa Amerika Serikat sudah mengarahkan sistem ekonominya mendekati atau mengadopsi niali-nilai sistem ekonomi sosialisme. Ini disebabakan pemerintahan Amerika Serikat mulai ketakutan dan khawatir terhadap keadaan perekonomiannya yang kita tahu sedang kacau. Dimana tak sedikit perusahaan-perusahaan besar yang bangkrut, kemudian banyak pula kredit macet yang menghantui ekonomi Amerika Serikat yang akhirnya hanya akan berimbas pada krisis global. Maka berdasarkan apa yang tadi kita diskusikan di atas, Amerika Serikat untuk saat ini menganut sistem ekonomi campuran antara kapitalisme dan sosialisme. Dan memang pada dasarnya tak ada sistem yang sempurna, semua sistem sejatinya bekerja saling melengkapi satu sama lain.

Inilah yang kemudian membuat beberapa Negara terbuka hatinya untuk tidak selalu fokus pada suatu sistem yang dianut oleh Negara maju hanya karena keberhasilan yang berhasil didulang. Sejatinya setiap sistem pasti pernah didesain untuk sebuah keadaan tertentu, dan mungkin memang keadaan Amerika Serikat sampai sekarang cocok dengan sistem demokrasi. Namun faktanya seperti yang dikuak diatas bahwa Amerika Serikat pun yang notabene Negara demokrasi besar juga memasukkan unsur-unsur sosialis yang dominan dinegara komunis. Ini membuktikan bahwa setiap Negara pada dasarnya mencari sistem yang paling cocok dan pas dengan keadaan yang sekarang. Dan memang setiap sistem pada dasarnya juga saling melengkapi, tinggal bagaimana memilah-milah nilai-nilai yang terkandung pada sebuah sistem atau ideologi dan menyempurnakannya dengan unsure-unsur ideologi lain yang bisa dijalankan dengan selaras.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: